Whatsapp Login

Perbedaan IPM dan PPM dalam Printer

perbedaan ipm dn ppm

Perbedaan IPM dan PPM dalam Printer

Dalam sebuah spesifikasi printer kerap tertulis ppm ataupun ipm. Tahukah anda Perbedaan satuan kecepatan cetak IPM dan PPM pada printer?  selama ini mungkin orang hanya mengenal satuan PPM (page per minutes) saja, tapi sebenarnya ada satuan lagi yang disebut IPM (image per minutes).

Pada dasarnya perhitungan antara IPM dan PPM adalah sama yaitu menghitung banyaknya lembar kertas yang bisa dicetak printer dalam waktu satu menit. Tapi sebenarnya satuan IPM merupakan pengujian standar ISO untuk kecepatan print dan copy. Jadi bukan sebatas PPM saja.

IPM

Untuk mengukur IPM, ISO menyediakan tiga set dokumen uji – Microsoft Word, Microsoft Excel dan file Portable Document Format – masing-masing terdiri dari empat halaman. Dokumen-dokumen berisi satu foto, bersama dengan logo perusahaan, diagram dan grafik, tetapi penekanannya adalah pada informasi tekstual daripada grafis. IPM mengukur jumlah halaman A4 reguler, berukuran 8,3 inci kali 11,7 inci, dicetak dalam satu menit.

PPM

PPM juga mengukur jumlah halaman A4 yang dicetak per menit, tetapi perbedaan utama antara IPM dan PPM adalah bahwa IPM diukur pada resolusi tetap, atau jumlah titik per inci, sedangkan PPM tidak. Semakin sedikit tetesan tinta printer perlu mentransfer ke kertas semakin cepat kecepatan pencetakannya. Ini berarti semakin rendah resolusinya, semakin cepat PPM. Selanjutnya, hanya satu halaman pengujian ISO yang perlu dicetak untuk mengukur PPM.

Beberapa produsen printer kini telah bekerjasama dengan International Organization for Standaization (ISO) untuk membuat standar ISO/IEC 24734 untuk standar kecepatan mencetak.

Sementara untuk standar ukuran kecepatan copy adalah ISO/IEC 24735. Hal ini untuk membuat konsumen mendapatkan informasi produk lebih objektif, terlepas dari vendor yang mengusungnya.

Tinggalkan komentar